Daisypath Anniversary tickers

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Minggu, 21 Oktober 2012

Kamar Tidur untuk si Kecil :)


 Pada masa anak-anak, tidur merupakan hal yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangannya selain asupan makanan bergizi dan vitamin. Hal ini disebabkan tidur penting bagi anak untuk:


1. Memberikan daya tahan tubuh yag kuat. Asupan makanan yang bergizi dan berbagai suplemen multivitamin akan sia-sia tanpa tidur yag cukup.

2. Pada tahap tidur N3 (slow wave sleep) dihasilkan hormon pertumbuhan yag amat penting bagi pertumbuhannya 

3. Tidur menjaga kemampuan kognitif, mental, dan emosionalnya. Anak dengan tidur yang cukup mempunyai prestasi lebih baik dibandingkan dengan anak yang kurang tidur atau mengalami gangguan tidur. Secara emosional, mereka juga lebih stabil.

Menciptakan suasana tidur yang nyaman sangat dibutuhkan saat anak menjelang tidurnya. Buatlah kamar tidur yang terisi denga karakter kartun favoritnya, menciptakan suhu yang nyaman, penerangan yang cukup, dan suasana yang tenang. Selain itu, orang tua juga perlu mengajarkan kebiasaan-kebiasaan yang baik sebelum tidur agar si kecil tahu waktu menjelang tidur, misalnya berganti baju tidur, cuci kaki dan tangan, pipis dahulu, meredupkan lampu, bercerita, atau bisa saja orang tua berdongeng sebelum tidur. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan lingkungan tidur yang baik. 

Anak harus memiliki ruang dan tempat tidur sendiri untuk mendidiknya lebih mandiri sejak dini. Tempat tidur saat ini tidak hanya terdiri atas kasur, bantal-guling, serta seprei ataupun bedcover. Terdapat banyak variasi desain tempat tidur yang akan membuat anak merasa nyaman dalam tidur lelapnya. Pemilihan desain tempat tidur dapat disesuaikan dengan jenis kelamin atau bisa juga berdasarkan karakter maupun kesukaan si anak. 

Selain itu, terdapat beberapa faktor yang harus dipertimbagkan sebelum Anda membeli perabot untuk kamar tidur si kecil, antara lain : bahan yang aman, sudut ketumpulan, warna yang tidak terlalu mencolok, desain tempat tidur, serta motif yang tidak terlalu tajam atau runcing yang dapat melukai anak.

Di bawah ini terdapat beberapa contoh kamar anak:

*Kamar untuk anak perempuan







 




*Kamar untuk anak laki-laki






Sumber:

Prasadja, Andreas. 2009. Ayo Bangun dengan Bugar karena Tidur yang Benar. Hikmah: Jakarta

*dan berbagai sumber online



*Bbie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar